Sabtu, 29 Desember 2012

Makan Es Krim Bisa Bikin Ketagihan


Makan Es Krim Bisa Bikin Ketagihan

Pecinta es krim sama halnya seperti mencintai seseorang. Berbagai bentuk dan rasa sudah banyak dikreasikan. Rasanya yang manis selalu disajikan saat dingin. Sajian penutup dan camilan ini sangat banyak penggemarnya.

Sebuah studi menunjukkan bahwa orang akan ketagihan setelah beberapa kali makan es krim. “Kandungan lemak dan gula yang tinggi pada es krim sebenarnya akan merespon otak pada makanan,” unagkap Dr. Kyle Burger, dari
 Oregon Research Institute, di Eugene, Amerika Serikat.

Hal ini akan meningkatkan jumlah kepuasan seseorang. Apalagi konsumsi tinggi lemak dan tinggi gula yang akan mengubah respon otak pada makanan, hingga akhirnya akan meningkatkan nafsu makan. Porsi makan yang berlebihan juga dapat merespon otak untuk makan lebih banyak lagi.

Studi yang melibatkan 151 responden remaja ini, diminta untuk minum milkshake cokelat dan ditambahkan es krim di atasnya. Selain itu peneliti juga melakukan wawancara pada responden yang rata-rata berusia 14 dan 16 tahun. Mereka dicatat jumlah berat badan, kebiasaan makan dan apa yang ingin dimakan.

Kemudian otak responden diperiksa dengan
 Functional Magnetic Resonance Imaging Machine (FMRI). Saat itu peneliti juga menampilkan gambar milkshake. Hasilnya ditemukan bahwa peserta yang menginginkan es krim sejak minggu sebelumnya sangat menginginkan es krim.

Namun hasil ini sama saja halnya dengan remaja yang sering makan es krim. Mereka memiliki perasaan dan keinginan yang sama untuk makan es krim. “Reaksi identik terlihat nyata seperti para pecandu narkoba. Keinginan untuk menikmati es krim di respon langsung oleh otak.” tambah Dr. Burger.

Mungkin banyak orang yang sering makan es krim atau makan makanan manis lainnya. Mereka juga tidak kecanduan sama sekali, tetapi sifat ketagihan pada makanan manis pasti terjadi. Penelitian ini juga telah tercatat dalam
 American Journal of Clinical Nutrition.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar